Senin, 30 Oktober 2023

DIKSI DAN SENI BAHASA #07

 

Hari ini tanggal 30 oktober 2023 KBMN PGRI pertemuan ke tujuh dibersamai dengan moderator Mutmainah,M.Pd dengan narasumber Bu Maydearly.

Diksi begitu penting dalam kajian sebuah kata menjadi prosa yang melampaui bayu diudara.diksi bak irama tanpa aroma menjadi senyawa indah mempesona melengkapi rumpun kata dengan sejuta makna,begitu kata pertama dari narasumber bu Maydearly.

Setiap penulis akan mampu berdiksi ,Ada 5 hal yang perlu dipelajari agar penulis mampu merangkai sebuah kalimat dengan diksi yang mempesona yaitu

1.Sense of touch yaitu menulis dengan mempergunakan indera peraba yaitu untuk menggambarkan detail suatu permukaan,gesekan tentang apa yang kita rasakan pada kulit,juga sangat tepat menggambarka sesuatu yang tidak terlihat.

2,Sense of smell adalah menulis dengan melibatkan indera penciuman.

3.Sense of taste menulis dengan melibatkan indra perasa.

4. Sense of sight yaitu menulis dengan melibatkan indera penglihatan memiliki prinsif show,dont tell.

5.sense of hearing yaitu menulis dengan melibatkan energi yang kita dengar.

Untuk selanjutnya setelah peserta membuat sebait diksi yang begitu mempesona ,sekarang sesi tanya jawab diantaranya dari sahrir menanyaka cara menggunakan diksi sastra untuk menciptakan suasana atau mood tertentu dalam puisi jawaban beliau bisa memulai dengan menentukan latar contoh dalam cerpen bisa kita mulai dengan menganalogikan waktu.


Tidak ada komentar:

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...