Jumat, 27 Oktober 2023

Mengatasi writer's block#6

 

Untuk pertemuan kali ini KBMN di bersamai oleh moderator Lely Suryani,S.Pd.SD dengan narasumber

Bu Ditta Widya Utami,S.Pd.Gr,dengan tema mengatasi Writer's block.Writer's block istilah yang sudah lama muncul diperkenalkan oleh psikoanalisis amerika edmun bergler tahun 1940 an,wikipedia mengartikan sebagai keadaan penulis kehilangan kemampuan dalam menulis atau tidak menemukan gagasan baru.Menurut narasumber ciri lain WB sulit fokus,tidak ada inspirasi menulis,menulis lebih lambat atau merasa stres dan frustasi,WB bisa hinggap dalam hitungan menit,jam,hari,minggu bahkan berbulan-bulan.Terkena WB dalam waktu yang lama bisa mematikan kreativitas dan produktivitas dalam menulis,WB ibarat penyakit yang akan mudah di obati bila kita tahu penyebabnya.

Menurut beliau WB bisa disebabkan oleh:

1.Mencoba topik/tema baru.

2. Stres dan lelah fisik/mental.

3.Terlalu Perfeksionis

Melakukan kesalahan itu adalah hal yang wajar  bahkan penulis yang profesional juga masih ada melakukan kesalahan ketika menulis.contoh yang paling sederhana adanya buku revisi.

menurutnya tulisan yang jelek lebih baik dari tulisan yang tidak selesai,selama kita konsisten menulis kita akan terus berlatih memperbaiki setiap tulisan..Ditahap awal belajar terserang WB kita bisa mencoba menulis dengan tekhnik free writing atau menulis bebas.menurut narasumber menulis itu kata kerja maka tidak ada jalan lain selain praktik menulis.

Narasumber mengintruksikan supaya terus menulis sebagaimana slogan om jay Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi,malahan beliau mencontohkan angkatan sebelumnya yang berkolaborasi dan menghasilkan 2 buah buku yang di kuratori bunda Aam dan Bunda Raliyanti.


2 komentar:

Ditta Widya Utami mengatakan...

Sip. Mantul. Terima kasih sudah mengikuti kelas dan membuat resumenya. Selamat hari blogger nasional.

Guru Blogger Indonesia mengatakan...

semoga kita dapat mengatsi kesulitan menulis

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...