Rabu, 25 Oktober 2023

Menulis Buku Ajar

 Malam ini masuk pertemuan ke 5 ditemani oleh moderator Bu Nur Dwi Yanti dan narasumber Bu Dr.Mudafiatun Isriyah,S.Pd,M.Pd.dengan tema Menulis buku ajar.Tujuan belajar atau learning outcome(CP) nya yaitu peserta pelatihan temu penulis KBMN mampu menulis buku ajar mata pelajaran yang diampu sesuai dengan teori dan prinsif-prinsif penulisan buku ajar begitu ujar beliau ketika mulai memberikan materi menulis buku ajar.Menurut beliau bagi setiap yang bisa tercapai tujuan pembelajaran akan di beri reward dari beliau. Beliau mengatakan bahwa ajar menjadi ruhnya seorang guru,kemudian guru akan menemui istilah bahan ajar VS Buku Ajar.

Menurut beliau buku ajar adalah hasil penelitian/hasil pemikiran,guru harus punya visi untuk memiliki buku ajar yang akan diajarkan pada siswa. Karena buku ajar bagian dari pemikiran maka seorang guru harus memiliki penguasaan ilmu.apa yang kita rancang dalam rencana pembelajaran setiap hari bisa dibuat sebagai bahan ajar dalam buku ajar,sumbernya materi yang akan digunakan untuk mengajar dan memiliki kemampuan berbahasa.dan memiliki komitmen,itulah modal awal katanya.Menurut beliau bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar,bahan ajar bisa tertulis ataupun tidak tertulis.Buku ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.

Buku ajar adalah buku ilmiah berupa uraian pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas .Ada trilogi pembelajaran tujuan jelas memiliki strategi dan penilaian. Menurut beliau apabila kita membuat buku ajar ciptaan sendiri pasti ada kepuasan yang tak ternilai,dan keuntungan lain diantaranya kenaikan pangkat,mendapatkan insentif,dan mendapat royalti seperti yang sudah beliau peroleh dari penerbit Andi.Masih menurut beliau seorang guru adalah seorang peneliti dari hasil observasi terhadap siswa menjadi sense tersendiri yang akan mewarnai buku ajar.Jika sudah ada gambaran buku kita akan dibawa kemana?buku ajar?,buku modul?,diktat? Petunjuk praktikum?,naskah tutorial?tinggal dipilih sesuai mapel yang akan diajarkan.

Menurut beliau cara penyusunan buku ajar yaitu penataan informasi,pengemasan kembali,dan menulis sendiri.Bahan pertimbangan saat seorang guru mau membuat buku ajar1.Guru merupakan pakar dalam bidangnya

2.Mempunyai kemampuan menulis.

3.Memahami kebutuhan siswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.

4.Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran.

Sistematika buku ajar

Prakata,pertunjukan penggunaan buku ajar,identifikasi,deskrifsi singkat,kegunaan dan capaian pembelajaran.

Dalam sesi tanya jawab ada yang menanyakan latar belakang Bahasa Indonesia tapi mengajar bahasa arab.kemudian ada yang menanyakan kiat cepat membuat outline sebuah buku dan di jawab oleh beliau sesuaikan dengan panduan kurikulum mapel yang diampu.Pertanyaan selanjutnya tentang pembuatan buku bahan ajar menurut beliau tinggal melanjutkan bahan rps menjadi buku ajar.

2 komentar:

QCYb_yanti mengatakan...

Make passion untuk terus menulis

lailamatika mengatakan...

mantab, lanjut menulis buku ajar yuk...

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...