Jumat, 10 November 2023

PROOFREADING SEBELUM MENERBITKAN TULISAN #12

 

Malam ini tidak terasa KBMN PGRI sudah memasuki pertemuan ke 12,dengan dibersamai oleh moderator bu Arofiah Afifi dan narasumber  bapak Susanto,S.Pd,dengan tema Proofreading sebelum menerbitkan tulisan.

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata pada judul artikel kecuali kata tugas seperti di,ke,dari,dan,yang dan untuk,yang tidak terletak pada posisi awal.Tentang ketentuan menuliskan numeralia atau kata bilangan pada awal kalimat susunan kalimat tersebut harus diubah agar kalimat tidak diawali dengan angka.Contoh kalimat proofreading kalimat apapun di ubah menjadi apa pun.

Yang melakukan proofreading atau mengoreksi tulisan adalah penulis dan orang lain(profesional).Cara melakukan  proofreading naskah sendiri dengan cara:

-Menetralkan perasaan terhadap tulisan sendiri,diamkan naskah beberapa waktu

-Membaca dulu seluruh naskah yang sudah ditulis sebelum mengedit agar tidak salah asumsi.

- Membaca saltik(typo),istilah,EYD,struktur,kelogisan.

-Membaca dengan bersuara (enak,mengalir)

Dalam kalimat kita harus menulisnya dengan konsisten contoh yang tidak konsisten bapak dan ayah,aku dan saya.Kalimat yang digunakan harus efektif seperti di sebuah cafe starbuck di tulis  di Cafe Starbuck.

Melakukan proofreading bukan menjadikan kata atau kalimat pada tulisan menjadi baku,yang kita lakukan mengoreksi kesalahan mikro dalam tulisan.

1 komentar:

Pak D Susanto mengatakan...

Terima kasih sudah mengerjakan tugas. Semangat.

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...