Jumat, 10 November 2023

Hadirnya Islam mendamaikan Nusantara

 Para penyebar Islam di Nusantara mereka berdakwah dengan penuh semangat dan keikhlasan.Mereka menyebarkan Islam dengan berbagai cara diantaranya:

1.Perdagangan

Proses penyebaran Islam melalui jalur perdagangan dilakukan pada abad ke 16 M.Para pedagang berasal dari Arab,Persia dan India.Para pedagang muslim menggunakan kesempatan itu untuk berdakwah menyebarkan agama Islam.Mereka memiliki akhlak mulia,santun,dapat dipercaya dan jujur yang menjadi daya tarik sehingga banyak penduduk Nusantara sukarela masuk Islam

2.Perkawinan

Sebagian pedagang Islam ada yang menikah dengan wanita pribumi terutama putri bangsawan atau raja.Disebabkan pernikahan banyak keluarga bangsawan masuk Islam.Sehingga para pedagang menetap dan membentuk perkampungan muslim yang di sebut Pekujon.

3.Pendidikan

Para mubaligh mendirikan lembaga pendidikan Islam di Nusantara yang berdiri sejak pertama kali Islam masuk Indonesia.Nama lembaga itu berbeda ditiap daerah diAceh dikenal meunasah,Dayah,danRamgkang,di Sumatera Barat ada Surau,di Kalimantan ada Langgar,dan di Jawa dikenal dengan nama Pondok Pesantren.Disanalah berlangsung pembinaan,pendidikan dan kaderisasi bagi calon Kiai atau Ulama.Mereka tinggal di asrama dalam waktu tertentu menurut tingkatan kelasnya.

4.Hubunga Sosial

Para mubaligh sangat pandai dalam menjalin hubungan sosial denganasyarakat ,mereka tinggal menetap dan berbaur dengan masyarakat melalui kegiatan sosial.Sikap mereka mempunyai Akhlakul Karimah,silaturahmi,gotong royong dan menyebarkan Islam dengan cara bijaksana.

5.Keseniaan

Sebelum Islam datang kesenian dan kebudayaan Hindu Budha. telah mengakar di masyarakat.Keseniaan tersebut tidak dihilangkan justru digunakan sebagai sarana dakwah.Cabang seni yang dikembangkan diantaranya seni bangunan,seni pahat,seni ukir,seni musik dan seni sastra.Seni bangunan misalnya mesjid,mimbar,dan ukiran masih menunjukkan motif yang terdapat pada candi Hindu dan Budha.


Tidak ada komentar:

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...