Senin, 11 Desember 2023

MENULIS PUISI

 

Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 25,untuk kali ini dibersamai dengan moderator Yandri Novita Sari,S.Pd dan narasumber Dr.Hj.Hasanah,M.Pd.,dengan tema MENULIS PUISI.

Puisi menurut KBBI:ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama,matra,rima serta penyusunan larik dan bait,gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi,irama dan makna khusus.,sajak.

Sajak bebas yaitu puisi yang tidak terikat oleh rima dan matra dan tidak terikat oleh jumlah larik dalam setiap bait,jumlah suku kata dalam setiap larik.Berpola yaitu jenis sajak yang susunan lariknya berupa bentuk geometris seperti belah ketupat,,jajaran genjang,bulat telur,tanda tanya,tanda seru,atau bentuk lain.

Sajak dramatik yaitu puisi yang memiliki persyaratan dramatik yang menekankan tikaian emosional atau situasi tegang

Sajak lama yaitu puisi yang belum dipengaruhi oleh puisi barat seperti pantun,gurindam,syair,mantra dan bidal

Sajak mbeling yaitu sajak ringan yang tujuannya membebaskan rasa tertekan ,gelisah dan tegang.

Puisi menurut H.B Jassin suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tanggapan terhadap suatu halatau kejadiaan tertentu.

Struktur Fisik Puisi

Bentuk:berbentuk baris-bait,Diksi:Pemilihan kata indah dan memiliki kekuatan makna,Majas:bahasa kias untuk mengungkapkan isi hati penyair,Rima:persamaan bunyi di baris/akhir baris untuk memunculkan keindahan bunyi.

Jenis puisi ada puisi lama yaitu puisi yang masih terikar oleh aturan yaitu jumlah kata dalam satu baris,jumlah baris dalam satu bait,persajaka atau rima,banyak suku kata ditiap baris,sedangkan puisi baru puisi yang tidak terikat oleh aturan yang yang bentuknya lebih bebas daripada puisi lama  dalam segi jumlah baris,suku kata maupun rima.

Ciri puisi lama: tidak diketahui nama pengarangnya,penyampaian dari mulut ke mulut dan sangat terikat akan aturan.

Jenis puisi lama diantaranya mantra yaitu ucapan yang memiliki kekuatan gaib,pantun adalah puisi yang bercirikan bersajak a-b-a-b,setiap bait ada empat baris  tiap baris ada 8-12 suku kata,kata 2 baris awal sebagai sampiran dan 2 baris akhir sebagai isi.

Seloka adalah pantun yang barkait atau bertautan.

Tal;ibun yaitu pantun genap yang setiap baitnya terdiri dari 6,8,10 baris.

Ciri -ciri puisi baru:memiliki bentuk yang rapi dan simetris,persajakan akhir yang teratur,menggunakan pola sajak pantun dan sebagaian besar puisi empat seuntai/baris.

Jenis puisi baru

Balada,Himne,Ode,Epigram,Romansa,Elegi  dan Satire

puisi balada puisi berisi kisah,himne puisi pujaan,ode puisi sanjungan,epigram puisi tuntunan hidup,elegi puisi kesedihan satire puisi sindiran/kritik.


1 komentar:

Guru Blogger Indonesia mengatakan...

terima kasih sdh mengerjakan tugas resumenya dengan baik

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...