Senin, 27 November 2023

BLOG sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

 

Malam hari ini KBMN PGRI Menginjak pertemuan ke 19,dengan moderator Ahmad Sholeh,S.Pd.Gr.dan narasumber Bambang Purwanto,S.Kom,Gr.CPS.CPPS.Ced.MEP,dengan tema Blog sebagai media dokumentasi refleksi diri siswa.

Manfaat blog yaitu untuk membantu pelaksanaan proses pembelajaran siswa.


Narasumber menceritakan prosesnya.

Saya menyiapkan tampilan untuk memudahkan setiap siswa per kelas dalam mengkakses pembelajaran yang saya buat. Caranya bisa klik
1. Klik tanda bintang yang pertama
2. Klik menu pembelajaran kemudian pilih semester dan tahun ajaran yang sesuai
3. Klik banner sebelah kanan yang bertuliskan Informatika

Narasumber memberi contoh dengan satu kelas.




Ini tampilan saat pembelajaran terakhir sebelum ASAS,Setiap siswa diakhir pembelajaran diberikan kesempatan untuk mengisi Refleksi Diri. Tujuannya agar siswa bisa menyampaikan apa yang dirasakan saat pembelajaran dan memberikan masukan kepada saya.

Linknya ada disini
https://penamrbams.id/poin-refleksi-diri-kelas-8a-smp-taruna-bakti-bandung-semester-ganjil-ta-2023-2024/ .Link yang diisi oleh siswa akan masuk ke dalan google spreadsheet.Data yang ada di google spreadsheet di copy ke Excel di file yang sudah siapkan secara terus menerus datanya setiap minggu.Data di Excel diolah. Diurutkan berdasarkan abjad. Setiap siswa yang mengisi akan diberikan poin 15.Poin dikonversi ke nilai juga. Sebagai Contoh bila siswa di pertemuan Ke 1 hadir dan mengisi Refleksi Diri maka poinnya 15 dan Nilainya 100.

Cara menghitung nilai adalah :
Poin yang diperoleh dibagi Total Poin sampai minggu ini dikaji 100.
Contoh :
Siswa A
Pertemuan 1 mengisi
Pertemuan 2 mengisi
Maka Poin =:30
Nilai (30/30)*100
Maka nilainya 100
Siswa B
Pertemuan 1 mengisi
Pertemuan 2 tidak mengisi
Maka Poin =:15
Nilai (15/30)*100
Maka nilainya 50

N.
Refleksi Diri ditampilkan disini
https://penamrbams.id/poin-refleksi-diri-kelas-8a-smp-taruna-bakti-bandung-semester-ganjil-ta-2023-2024/ .Manfaat dari Refleksi Diri bagi narasumber sebagai guru bisa Mengetahui apa yang dilakukan di kelas. Contoh diatas saat narasumber harus mengerjakan tugas lain dan tidak berada di kelas, narasumber bisa tetap Mengetahui proses pembelajaran.Setiap  postingan 1 halaman untuk satu minggu. Minggu sebelumnya bisa dilihat di halaman sebelumnya.Jadikanlah blog/webblog/website yang kita miliki bisa menjadi penunjang proses pembelajaran. Silahkan blog penamrbams.id bisa dijadikan rujukan bagi yang membutuhkannya.

Terakhir narasumber menjadikan website untuk meminta feedback pembelajaran.

Hasilnya bisa dilihat disini
1. Perasaan siswa belajar bersama Mr. Bams
https://penamrbams.id/perasaan-siswa-belajar-bersama-mr-bams-.

1 komentar:

Agus Hendrawan mengatakan...

alhamdulillah, terimakasih Pak...

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...