Rabu, 29 November 2023

MOTIVASI MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

 

KBMN PGRI malam ini menginjak pertemuan ke-20,dengan dibersamai moderator Sim Chung Wei,dan Narasumber Dail Ma'ruf,M.Pd,dengan tema Pemasaran dan tekhnik promosi buku.Narasumber berkata

ingatlah -- bahwa manusia  masuk pada fase SEJARAH --- Itu dimulainua sejak ditemukan TULISAN

jadi siapapun yanDan lakukan itu setiap hari -- non stop -- hingga nyawa berpisah dari raga.g ingin --- masuk dalam lingakaran peradaban manusia --- maka mulailah malam ini menulis.Kalau perlu buatlah di kamar kita sebuah moto -- aku menulis maka aku ada-- dan aku abadi selamanya.Ada 5 macam yang memotivasi narasumber dalam menulis,pertama : karena dalam agama saya islam -- Tuhan menurunkan wahyu pertamanya memerintahkan untuk Membaca.Bacalah, dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan, menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah dan Tuhanmu maha mulia, yang mengajarkan manusia dengan perantaraan qolam (tulisan),kedua:  Dari berbagai leteratur kita faham, bahwa buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah pintunya, maka agar banyak ilmu maka kudurajin baca. Namun akan makin kuat dalam ingatan jika apa yang dibaca-- kita tuliskan intisarinya.

Ketiga: dari SD hingga SMA saya hampir tak megalami peringkat di luar 3 besar. dan apa rahasianya, karena saya senang menyalin rangkuman yang ada di buku paket ke dalam buku tulis dengan bahasa sendiri.Motivasi keempat: Karena dengan saya menulis setiap hari --seperti mantra om jay--- saya membuktikan bahwa banyak keajaiban terjadi,Kelima: Menulis menjadikan saya banyak pahala insya allah -- dan pahalanya jariyah -- terus mengalir.karena tulisan kita bila tentang kebaikan --lalu orang yang baca berbuat baik, dan menyampaikan pada orang lain --maka berlipat pahala terus dan terus menerus.


Alhamdulillah -- dan terima kasih ke om Jay dan TSO yang telah buat Portal melintas.id .saya bareng Om Brian, pak Ahmad fatch, bu Lely, pak De dan editor mas yafi -- kami setiap hari megawal agar minimal sehari bisa tayangkan 50 artikel berasama 20 penulis yang gabung di CC dan CMS.Saya yakin akan tumbuh dan berkembang jadi portal berita On line seperti detik.com dan ROL atau Republika on Line dan Kompasiana. kedua menerbitkan Buku, mengapa harius menerbitkan buku.Ada 3 alsan mengapa Kita Wajib menerbitkan buku,pertama karena Buku adalah Mahkota bagi penulisnya, artinya kita sudah sejajar dengan para raja dan ilmuwan--punya karya buku,Alasan kedua: Karena hanya dengan buku itulah maka nama kita akan abadi. Meski jasad telah tiada kembali menyatu dengan bumi --- namun ide dan gagasan kita dalam karya Buku akan tetap ada, bahkan kalau di up load -- sedunia bisa menikmati dan membacanya.Alasan ketiga : Dengan Buku juga saya membuktikan dapat rejeki tambahan, baik mebantu mengedikan buku orang lain, maupun saya semkin piawai dalam mengolah kata-kata.


3 komentar:

Agus Hendrawan mengatakan...

Hadir terus mantap, terima kasih atas sharingnya Pak...

lutpiana mengatakan...

luar biasa, sangat menginspirasi, silakan berkunjung dan coment di blog saya

Guru Blogger Indonesia mengatakan...

trrma kasih atas informasinya yang lengkap sekali

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...