Jumat, 15 Desember 2023

BERPRESTASI DAN GO INTERNASIONAL BERKAH MENULIS

 

Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan ke 27 dengan moderator Gina Dwi Septiani,S.Pd,M.Pd dan narasumber Rita Wati,M.Kom,dengan tema Berprestasi dan go internasional berkah menulis.











Untuk selanjutnya sesi tanya jawab

P1
Bismillah.
Saya Rosjida, peserta KBMN ingin bertanya :
Saya pernah mendapatkan tawaran menulis buku di suatu penerbit mayor dengan tema yg sudah dipilihkan dan terus terang saya jauh dari kata menguasai bidang/tema penulisan tersebut. Trus ada bbrp teman yg berkata bahwa gampang sih, tinggal pake AI, copas  jadi deh.
Bagaimana pendapat bu Rita tentang penulisan buku pakai AI?
Layakkah?
Apakah nantinya tidak dicek penggunaan AI dalam tulisan kita?
Dan bgmn secara moral kita sbg penulis yg membuat buku tetapi jauh dari kata menguasai?
Makasih byk bu Rita, Mbak Gina

Salam kenal Bu Rosida ketika kita mendapat tawaran alhamdulillah berati kita sudah di anggap mumpuni. AI memang sedang merajalela seorang penulis sejatinya jika ingin dianggap karya tulisan itu miliknya maka harus ditulis sendiri dengan berbagai referensi dan research yang dilakukan. untuk pemanfaatan AI jika digunakan sebagai pemancing ide it's ok tapi jika untuk dipakai secara keseluruhan tentu saja menyalahi aturan

P2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin bertanya Ibu saya atin dari Serang- Banten

1) Bagaimana membuat ide diisi kepala menjadi sebuah tulisan yang indah dan bermakna dan dapat dipahami oleh pembaca terkadang ide banyak namun sulit untuk rangakai dan diungkapkan dengan kata-kata?

2) Izin punten jika berkenan darimana ibu dapat info lomba yang ibu ikuti misalnya kompetensi blog dan lain-lain yang tadi saya simak luar biasa semuanya 😍

3) Dari semua kegiatan yang ibu lakukan tentang mengatur waktu di pekerjaan Bagaimana menselaraskan antara waktu di rumah kerjaan dan hobi agar semuanya dapat dilakukan dengan baik?

Hatur nuhun sebelumnya ibu 🙏🙏🙏
1. Untuk membuat ide yang indah itu  harus rajin membaca, seraching referensi dan research kemudian menulislah mengalir apa adanya kemudian jika selesai baca berulang dan ;lakukan editing

2 untuk lomba blog ibu bisa searching di google contoh lomba blog bulan desember 2023 atau search di ig atau fb

3 manajemen waktu yang bisa mengatur hanya kita sendiri bu tahun lalu saya mengikuti cs50 harvard  kelas malam , sore saya kuliah s2  dan pagi sampai siang saya mengajar dengan segala tugas tambahan alhamdulillah semua dapat terselesaikan dengan baik dan berkesempatan menjadi wisudawati terbaik jenjang, cs50 lulus dengan with honor . pointnya dahulukan yang utama

P3
assalamu'alaikum, perkenalkan saya endang dari kutim.. mohon ijin bertanya : adakah rasa takut atau keraguan saat memperkenalkan karya Anda kepada audiens global yang lebih luas? jika ada, bagaimana Anda mengelola atau mengatasi hal tersebut? terima kasih

Walaikumussalam wr.wb salam kenal bu Endnag awal menulis saya malu meperlihatkan tulisan saya jangankan sama audiense global sama keluarga sendiri atau temen sendiri saya malu. tapi semnjak saya ikut KBMN selalu sharing tulisan malu itu hilang dengan sendirinya

P4
Rosjida
Mbak Gina, apakah boleh sy bertanya lagi ke bu Rita?
Ingin menanyakan ttg royalti buku dari penerbit mayor.
Royalti diberikan jika buku kita laku berapa eksemplar?
Bagaimana jika buku kita kurang laku dan penerbit rugi?
Makasih

Baik Bu, untuk royalti itu sudah ada perjanjian dengan penerbit. dan kapan diberikan royalti tergantung dari penjualan buku kita. jika tidak laku kita tidak memiliki tanggungjawab mengganti kerugian hanya sayja kita tdak mendapatkan royalti

Tidak ada komentar:

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...