Sabtu, 04 November 2023

7 Cara Hidup Hemat Ala Jepang

 

Kehidupan orang Jepang sangat unik untuk di pelajari,salah satunya budaya mereka dalam kehidupan sehari-hari.Kehidupan mereka perlu kita contoh pada gaya hidup mereka yang tidak brlebih-lebihan dalam setiap aspek,contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kali ini penulis menyoroti 7 cara hidup hemat ala Jepang

1.Menggunakan transportasi umum

Kalau kita perhatikan jalan-jalan di jepang kebanyakan mereka menggunakan alat transportasi umum atau sepeda,sehingga meskipun negera mereka maju ,kebanyakan kaya-kaya tapi tidak mau menampakan kekayaannya,tidak suka menghambur-hamburkan uang ,hidup boros  tetapi mereka suka kerja keras,dan mereka sangat gigih apabila menginginkan sesuatu.

Menurut mereka bepergian dengan transportasiumum lebih hemat,mengurangi polusi udara dan kalau kita perhatikan apabila mereka mau masuk kendaraan dengan antri tidak saling mendahului,itulah budaya yang mungkin di negara kita belum bisa mencontohnya,mereka merasa malu apabila tidak bisa antri meskipunilmu sedikit,mereka mengutamakan adab dulu sebelu pengetahuan berbeda dengan kebanyakan negara menuntut ilmu tinggi-tinggi tetapi melupakan adab sopan santun.

2.Menekan sewa biaya tempat tinggal

Tempat tinggal bukan segalanya bagi mereka ,sehingga rumah mereka sederhana tetapi tabungannya selangit,berbeda dengan kebanyakan negara lain yang memprioritaskan tempat tinggal,membangun rumah yang megah meskipun uangnya dari meminjam di bank.

3.Membuat daftar Belanja

Ketika mereka akan berbelanja ,mereka selalu membawa catatan daftar belanja,merencanakan dari rumah barang yang akan mereka beli,jarang mereka membeli barang dengan spontan karena yang mereka utamakan kegunaan barang yang mereka beli dari yang mereka rencanakan,prinsif mereka lebih baik mahal tapi bagus,awet tahan lama daripada murah tapi daya tahannya sebentar.

4.Selalu membawa botol minuman

Budaya membawa botol minuman sudah lumrah kalau kita perhatikan dikalangan orang jepang dari anak TK sampai pekerja.mereka tidak malu untuk menenteng botol minuman kemanapun mereka pergi.mereka hidup hemat meskipun untuk pengeluaran yang sedikit.

5.Membawa bekal makanan

Sudah lumrah kalau kita perhatikan kehidupan di jepang,apabila berekreasi selalu membawa bekal dari rumah,menurut mereka makanan yang mereka bawa dari rumah lebih higienis dan lebih murah daripada makanan yang ada direstoran.sehingga restorandi negeri sakura tersebut kebanyakan di penuhi oleh wisatawan luar negeri

6.Menjalani gaya hidup minimalis

Gaya pakaian mereka stailist tapi tidak glamour ,mereka sangat sederhana dalam berpakaian,isi perabotan mereka sederhana malahan kebiasaan mereka selalu menyimpan barang yang sedikit tetapi manfaat,barang yang tidak ada gunanya di singkirkan dari rumah mereka.Bentuk rumah mereka juga sangat sederhana tetapi rapi ,bersih dan indah.

7.Menabung dengan tekhnik kakeibo.

Cara menabung mereka sangat unik,dan perlu kita tiru yaitu tekhnik kakeibo:

-Mempertimbangkan dengan matang sebelum membeli barang.

-Sering mengecek saldo rekening.

-Bertransaksi dengan uang tunai.

-Membuat pengingat di dompet

-Menganalisis kebiasaan dalam menggunakan uang.

Akhirnya penulis mengajak pembaca yang budiman,mari kita hidup hemat ala Jepang,semoga dengan budaya ini kehidupan kita makin bahagia.


Tidak ada komentar:

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

  Malam ini KBMN PGRI memasuki pertemuan yang ke 30 dengan moderator Ahmad Sholeh dan narasumber Fajar Trilaksono ,M.Pd dengan tema Membuat ...